Belajar Bersama TK Khalifah Semarang, 1-5 KEUTAMAAN 10 HARI PERTAMA BULAN RAMADHAN

 

Hikmah dari Ahlul Jannah | Republika Online

DOA HARI KE-3 DI BULAN RAMADHAN 

“Allaahummarzuqnii fiihidz dzihna wattanbiih, wa baaidnii fiihi minas safaahati wattamwiih, wajallii nashiiban min kulli khyarin tunzilu fiihi,

bijuudika yaa Ajwadal ajwadiin.”

Artinya:

“Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku di bulan ini kecerdasan dan kesadaran diri, jauhkanlah aku di bulan ini dari ketololan dan kesesatan, dan limpahkanlah kepadaku sebagian dari setiap kebajikan yang Engkau turunkan di bulan ini. Dengan kedermawanan-Mu, wahai Dzat Yang Lebih Dermawan dari para dermawan.”

 

Alhamdulillahirrabil’alamin hari ini adalah hari ke-3 berpuasa. Bulan Ramadahan adalah bulan yang sangat istimewa sehingga disetiap harinya Allah memberikan banyak sekali keberkahan dan kebaikan. bahkan di 10 hari pertama Bulan Ramadhan terdapat banyak keutamaan yang luar biasa, yuk kita pelajari bersama:

  1. Terbukanya Pintu Rahmat 

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

“Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah,

dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).”

Pada 10 hari pertama di bulan Ramadan, Allah membuka pintu rahmat-Nya untuk setiap hamba yang melakukan puasa, dan dipandang sebagai seorang yang mulia karena menjalankan ibadah sejak awal.

2. Menjadi hamba yang mulia sejak awal 

Teman-teman semua mari kita berusaha untuk istiqomah berpuasa dan ibadah lainnya di 10 hari pertama karena

“Barang siapa yang menjalankan puasa di sepuluh hari pertama Ramadan artinya menjadi sosok yang mulia di mata Allah sejak awal karena menjalankan perintahnya.”

Dengan konsistensi ibadah di sepuluh hari pertama ramadhan akan membuat istiqomah menjalankan ibadah puasa hingga akhir bulan Ramadhan.

   3. Memberikan keberuntungan 

Puasa Ramadan adalah salah satu ibadah yang terkandung dalam Al-quran. Barang siapa yang melakukannya akan mendapat keberuntungan. Maka dari itu, yuk lakukan puasa Ramadan sejak hari pertama!

Setiap perintah dalam al-Quran pasti mengandung kebaikan, kemaslahatan, keberuntungan, manfaat, keindahan, keberkahan. Sedangkan setiap larangan dalam al-Quran pasti mengandung kerugian, kebinasaan, kehancuran, keburukan 

(disarikan dari Tafsir Ibnu Katsir (1/200)).

      4.  Menjaga diri dari perbuatan buruk 

Biasanya jika sedang menjalankan ibadah puasa, secara otomatis kita akan menjauhi hal-hal buruk supaya puasa yang sedang dijalani menjadi berkah dan mendapat pahala.

Maka, puasa sejak 10 hari pertama akan membantu membentengi diri dari perbuatan maksiat sejak awal Ramadhan. Tapi hal tersebut tidaklah mudah teman, oleh karena itu butuh tekad yang kuat, yang paling penting berusaha terus mengingat kalau kita sedang berpuasa, dan merasa malu jika berbuat hal yang tidak baik.

     5.  Melatih diri untuk mengerjakan amal ibadah sunah

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sengaja Allah kondisikan untuk bersemangat beribadah termasuk ibadah sunah. Setiap orang berlomba berbuat baik di bulan Ramadhan, salah satunya mengerjakan amalan-amalan sunnah. Amalan sunnah yang dapat dilakukan, yaitu salat duha, salat tarawih, salat witir, salat tahajud, dan membaca Al-Quran.

Masih banyak lagi keutamaan 10 hari pertama, Insya Allah akan kita bahas dilain hari.

Semoga kita semua dapat istiqomah untuk beribadah dengan ikhlas.:):):):):):):)

Facebook
Google+
Twitter

Penerimaan Siswa Baru

TK Khalifah membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2021/2022