6 Tips Mengisi Liburan Sekolah Ala Anak Khalifah, Nomor 3 Paling Jarang dilakukan

KB TK Khalifah Semarang, 19 Desember 2019. Alhamdulillah pembelajaran di Semester 1 akan segera berakhir yang ditutup dengan kegiatan Happy Out Bond dan LPAD yang bertempat di Tlatar Boyolali, pada tanggal 21 dan 22 Desember 2019. Sudah ndak sabar ya…:)

Mulai tanggal 23 Desember 2019 s/d 5 Januari 2020 ananda sudah dapat menikmati liburan bersama mama papa. Nah, berikut bunda beri tips ya supaya liburan ananda lebih berkesan…. Siap yuk kita mulai, ada 6 tips Liburan ala-ala anak Khalifah ya dan nomor 3 yang paling syeruuuu dan jarang dilakukan…:)

6 Tips Mengisi Liburan Sekolah ala Anak Khalifah, diantaranya:

1. Lakukan Aktifitas Biasa.

Mama papa jangan sampai lengah ya…hehe. Liburan sekolah bukan berarti libur segalanya, liburan sekolah ya harus tetap bangun pagi, sholat shubuh, mandi, sarapan dan jangan lupa ya ibadah sunahnya yang selalu dibiasakan disekolah, ya… Sholat dhuhanya… kesempatan emas buat mamah papah melaksanakan sholat sunah dhuha bersama ananda dirumah, kan biasanya ananda sholatnya bareng bunda guru disekolah.:). Sholat lima waktu diusahakan ya mah, supaya lebih sip liburannya, jangan lupa tidur siang, main bersama teman juga sangat dianjurkan daripada main bersama gadget..:). Main bersama teman sebaya juga bagian dari mengisi liburan yang menyenangkan, kan jarang-jarang ananda bisa maen dengan teman dirumah apalagi yang sekolahnya plus daycare…:)

2. Menekuni Hobi.

Mamah dan papah sudah tau hobi ananda ???  Nah, liburan kali ini saat yang tepat untuk mencari tau dan mendorong ananda untuk menekuni hobinya, terutama bila hobinya tersebut tidak mengeluarkan tenaga dan keringat terlalu banyak. Misalkan berkebun, melukis, menulis, memelihara burung, memasak, menyanyi, bermain musik dan lain sebagainya. Coba deh mah, Insya Allah liburan kali ini lebih bervariasi dan pastinya ananda dapat menyalurkan energinya untuk hobi yang positif.

3. Berkemah bersama Menikmati Malam.

Bunda mau tanya ah, ada yang sudah pernah berkemah??? :).

Kalau sudah yesss…. berarti sudah tau dong bagaimana serunya berkemah. Bagi yang belum, apa salahnya mencoba berkemah. Pilih tempat yang sesuai dan asyik ya boleh searching dulu di google tempat asyik berkemah keluarga. Dengan berkemah ananda juga belajar lho mah, belajar hidup dialam dan mengenal ciptaan Allah yang mungkin belum mereka tau. Ananda belajar suasana dipagi hari, siang, sore dan malam hari diluar rumah, ini kesempatan yang sangat langka. Suasana didalam rumah dan diluar rumah dengan pemandangan dan lokasi yang berbeda menjadikan anak-anak lebih tertantang rasa ingin taunya. Siap lakukan nomor 3….

4. Bebenah

Definisi bebenah adalah membersihkan dan merapihkan. Nah, ini yang mamah idam-idamkan ananda belajar bebenah keperluan pribadinya, dimulai dari kamarnya, lemarinya, bajunya, buku-buku ceritanya, maenan yang seabreg :), dan sepatu imutnya. Mamah jangan hanya nyuruh bebenah ya, tapi ajari ananda dan bimbing ananda bagaimana cara bebenah yang sip ala super mom. :). Ajari ananda melipat, menyapu, mengepel, mengelap, memisahkan barang yang tak terpakai, membetulkan maenan yang rusak (papah aja ya kalau yang ini;)..), mengelem buku yang sobek dan masih banyak lagi. Ini dulu aja mah bebenah buat ananda, bebenahyang bersifat barang pribadi milik mereka, kalau menjalar ke dapur bisa bahaya…;)

5. Liburan Sekolah Bisa diisi dengan Liburan Literasi.

Ada yang tau apa itu Liburan Literasi??? Yup, literasi biasanya identik dengan  mengembangkan kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, mumpung sedang liburan boleh dong mah, rekreasinya tidak hanya ketaman wisata saja melainkan ke Toko Buku, Perpustakaan Daerah, Museum, Candi, atau tempat-tempat bersejarah lainnya.

6. Silaturahim

Banyak sekali manfaat silaturahim, salah satunya memperluas rezeki. Janji Allah tersebut tertuang dalam sabda Rosullulah yang diriwayatkan Abu Hurairah: “Siapa yang suka dilapangkan rezekinya  dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim). Mumpung liburan sekolah, yuk manfaatkan untuk bersilaturahim ke rumah kakek, nenek, om, tante, saudara dan sahabat.

Selamat mencoba 6 tips diatas, dan bunda guru tuggu ya cerita pengalaman seru liburannya….

Facebook
Google+
Twitter

Penerimaan Siswa Baru

TK Khalifah membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020