Ada Apa dengan Otak Kanan Anak

Keselarasan memang penting, terutama masalah otak. Dimana ada otak kanan Otak tengah dan otak kiri. Berbeda dengan otak kiri, otak kanan cederung ‘pemberontak’. Fungsi otak kanan adalah mengkalkulasi, spontan dan kreatif. Sering kita dengar ketika IPPHO (pakar otak kanan) berseminar “Jika ingin jadi pengusaha, maka perlu aktifkan dulu fungsi otak kanan,” kata IPPHO.
Pakar otak kanan dan Penulis buku-buku mega best seller yang memperoleh penghargaan dari MURI Award sering menjadi pembicara pada seminar seminart. Menurut Ippho, jika manusia menghadapi sesuatu, otak kanan akan mendeteksi lebih dulu, setelah itu baru otak kiri mengikuti dengan mengirimkan sinyal berupa tindakan yang harus dilakukan.
“Otak kiri akan mengikuti respons yang ditangkap otak kanan. Jika kita melihat suatu barang, lalu kita tertarik dan ingin membeli, yang berpikir ini adalah otak kanan. Lalu bagaimana cara membelinya itu diatur oleh otak kiri,” kata IPPHO lanjutnya
Apa hubugan otak kanan dengan sang Anak buah Hati kita, dia menjelaskan Jika otak kanan anak dibina dan diarahkan sejak dini, maka akan melatih kemandirian anak. Yach kemandirian… ini yang sering ibu keluhkan tentang anaknya. Menurut Ippho, otak kiri identik dengan ‘otak karyawan’, hanya bergerak jika diperintah atasan. Berpii mandiri sejak dini perlu ditanamkan dengan kuat.
“Akan sangat bagus jika jiwa entrepreneur / wiraswasta anak dikembangkan sejak dini. Jiwa inilah yang dimaksud dengan jiwa mandiri. Sbagai contoh : missal anak mau jajan, atau minta jajan, jangan anak langsung diberi uang tapi beri dia barang, anak tersebut diminta untuk menjualnya. Lalu hasil dari jualnnya baru digunakan untuk jajan, contoh inilah anak paham bagaimana mendaptkan uang, harus bekerja dulu, harus berkarya dulu. Sering anak anak tidak tahu dengan kondisi orang tua yang susah payah mencari uang, sedangkan anaknya sama sekali tidak menghiraukan hal itu. Pokoknya minta uang, dan bila hal ini terbawa sampai besar….orang tualah yang merasakan….inilah pentingnya mendidik anak pemahaman tentang jiwa entrepreneur.

Facebook
Google+
Twitter

Penerimaan Siswa Baru

TK Khalifah membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020