ALASAN PERTAMA, “TK BERBASIS TAUHID DAN ENTREPRENEURSHIP” (part 1)

KB TK Khalifah semarang, 5 November 2019. Pertama kita bahas Tentang “Tauhid”.

Apa Itu Tauhid?

“Kabarkanlah kepadaku tentang iman, Beliau menjawab, “Engkau beriman kepada Allah, Malaikat-malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, hari akhir, dan beriman kepada takdir baik dan buruknya.’ Ia mengatakan, ‘Engkau Benar.’” (HR. Muslim no. 8 ).

Dibuka dengan hadist rukun imam adalah salah satu alasan pentingnya pendidikan Tauhid untuk anak. Mamah dan Papa tentunya menginginkan anak yang mencintai dan dicintai oleh Allah dan Rosul-Nya. Oleh sebab itu inilah pondasi awal kita untuk menumbuhkan rasa cinta tersebut. Pepatah bilang, “tak kenal maka tak sayang”. Kenalilah Tuhanmu dan Rosulmu maka segalanya sudah kau miliki.

Anak-anak pada usia golden age sangat perlu dikenalkan siapa Tuhannya, Nabinya, Agamanya, supaya mereka paham segala sesuatu yang mereka lihat, rasa, dengar semuanya ciptaan Allah. Anak pun perlu memahami bahwa seluruh mahluk yang diciptakan dialam semesta, semuanya hanya tunduk dan patuh pada Allah.

Oleh karena itu berilah anak pengetahuan tentang siapa Tuhannya dan bagaimana anak bisa mengenal-Nya. Hingga akhirnya anak dapat mencintai Tuhan-Nya dengan rasa cinta yang mendalam. Ajarkan anak-anak untuk iman kepada Allah melalui 4 cara sebagai berikut:

1. Beriman dengan wujud Allah,

Sesungguhnya kamu telah mengetahui, bahwa tidak ada yang menurunkan mukjizat-mukjizat itu kecuali Rabb yang memelihara langit dan bumi sebagai bukti-bukti yang nyata” (QS. Israa’: 102).

Poin ini mengajarkan adanya Allah. Anak-anak kami ajarkan siapa Tuhan-Nya, Nabi-Nya dan apa Agamanya. KB TK Khalifah, menanamkan  semua itu melalui pola pembelajaran misalnya saja belajar tata cara berwudhu, gerakan dan bacaan sholat,  menghafal dan mengamalkan  doa-doa harian, surat-surat pendek, hadist, dan belajar mengaji. Anak-anak pun terbiasa mendengarkan dan membaca buku cerita, lagu, tepukan yang bertemakan Allah dan Rosul-Nya. Saat anak-anak bermain di semua sentra terutama disentra Tauhid, guru akan mulai menstimulus dan menggali pengetahuan mereka mengenai Allah dan Rosul-Nya.

2. Beriman dengan Keesaan Allah dan Rubbubiyyah-Nya,

“Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa, Allah adalah Rabb yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.”  (QS. Al Ikhlas: 1-4).

Poin ini mengajarkan keesaan Allah dan Penciptaan-Nya. Pentingnya anak-anak mengenal Tuhan-Nya adalah tujuan kami, karena dengan ini anak-anak memiliki bekal yang kuat sebelum ilmu yaitu adab. Disini anak-anak dipahamkan atas segala sesuatu yang ada dibumi dan alam semesta adalah milik Allah. Kita sebagai mahluk tak pantas menyombongkan diri. KB TK Khalifah selalu membuat Tema pembelajaran yang dikaitkan dengan Allah, diantaranya:

  1. “Sekolahku Tempat Belajar dan Bermain Karunia Allah”
  2. “Aku Hamba Sholeh dan Mandiri Ciptaan Allah”
  3. “Ramadhan Bulan Berkah Untuk Ibadah dan Menjadi Pengusaha”
  4. “Air, Udara, dan Api Berkah untuk Kehidupan Ciptaan Allah”
  5. “Tanaman dan Sayuran Berkah Untuk Tubuh Ciptaann Allah”
  6. “Makananku Baik Dan Halal Berkah Untuk Tubuh Rezeki Dari Allah”
  7. “Pasar Tempat Jual Beli Sarana Datangnya Rezeki Dari Allah”
  8. “Cita-citaku Menjadi Pengusaha Petunjuk Dari Allah”
  9. “Bumi Tempat Aku tinggal Karunia Allah”
  10. “Teknologi Internet Sarana Komunikasi dan Wirausaha Kepandaian Dari Allah”

Diatas merupakan Tema Pembelajaran selama satu tahun. Jelas terlihat dari pembuatan Tema seluruhnya berkaitan dengan Allah. Begitu pula Isi dari RKH dan RKM pun berkaitan dengan Tema yang sedang dipelajari.

3. Beriman terhadap Keesaan Allah dan Uluhiyyah-Nya

Bahwasanya Allah Ta’ala sajalah yang berhak disembah. Tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Dia dan tidak ada sekutu bagi-Nya.  Tauhid inilah yang membedakan orang islam dengan orang kafir. Kenalkan kalimat tauhid kepadanya sejak dini. Ketika ia mulai berinteraksi dengan lingkungan sekitar, yakni saat ia sudah mulai menirukan tingkah laku serta perkataan yang kita lakukan dan ucapkan.  Ajarkanlah ‘laa ilaaha illallah’, sebagai kalimat yang pertama kali bisa mereka ucapkan secara fasih.

KB TK Khalifah membiasakan ana-anak untuk berdzikir sesudah sholat. Anak-anak belajar melafalkan Alhamdulillah, Subhanallah, Allahuakbar, Laa ilaaha illallah dan bacaan dua kalimat syahadat. Kegiatan ini dilakukan setiap hari sesudah sholat dhuha dan sholat dhuhur.

4. Beriman terhadap asma’ dan sifat Allah yakni beriman kepada nama-nama Allah dan sifaht-sifat-Nya.

KB TK Khalifah membiasakan anak-anak membaca Asmaul Husna secara bersama-sama setiap hari. Asmaul Husna yang dibaca bertahap sesuai dengan kelompoknya, sehingga saat anak-anak kelas TK B mereka sudah terbiasa membaca Asmaul Husna dengan lengkap beserta doanya.

Insya Allah, KB TK Khalifah selalu berkomitmen mendidik anak-anak secara fitrahnya dengan mengenal dan mencintai Allah, Rosul-Nya dan Agama-Nya. Terimakasih kepada Mama dan Papa yang telah mempercayakan anak-anaknya kepada kami.

 

Facebook
Google+
Twitter

Penerimaan Siswa Baru

TK Khalifah membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020