ALASAN PERTAMA , TK BERBASIS TAUHID DAN ENTREPRENEURSHIP (PART 2)

KB TK Khalifah Semarang, 20 November 2019. Untuk Tauhid sudah kita bahas pada part 1. Sekarang kita bahas yang kedua tentang Entrepreneurship.

Apa itu Entrepreneurship?

Entrepreneurship berasal dari bahasa serapan yaitu bahasa Perancis, entreprendre yang berarti melakukan, memulai atau berusaha melakukan tindakan mengorganisir dan mengatur. Bisa juga diartikan proses kegiatan kreativitas dan inovasi menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber-sumber yang ada untuk menghasilkan nilai tambah bagin diri sendiri dan orang lain serta memenangkan persaingan.

KB TK Khalifah, fokus pada Entrepreneurship untuk anak usia dini. Dimana program ini bertujuan untuk menumbuhkan keterampilan entrepreneurial untuk kemajuan anak dimasa depan. Keterampilan entrepreneurial ini adalah sebuah keahlian dan cara berpikir. Kami sangat bersemangat dalam memberdayakan anak-anak untuk berinovasi, berkreasi dan menggali potensi.

Dengan pembelajran yang menyenangkan disekolah diharapkan anak dapat belajar dengan bermain dan cara yang alami sehingga mereka gemar belajar sampai usia dewasa nanti, sehingga tak jarang jika anak ditanya dirumah,”Tadi belajar apa disekolah?”, mereka menjawab “Ndak belajar mah, kita maenan jual-jualan”. Mereka tidak merasakan bahwa proses bermain jual-jualan adalah proses belajar. Pada proses ini anak-anak belajar mengklasifikasi barang, menghitung, menjual, membeli, berkomunikasi dua arah, tawar-menawar, mengenal uang dan masih banyak lagi.

Kegiatan entrepreneurship tentunya tidak melupakan nilai-nilai moral dan agama. Misalnya: Jujur, amanah, disiplin, ramah, santun dan masih banyak lagi. KB TK Khalifah menanamkan target nilai-nilai entrepereneurship yang berbeda-beda pada setiap kelompok, diantaranya:

Kelompok Bermain:

  1. Jujur
  2. Santun
  3. Tanggung jawab
  4. Mandiri
  5. Berani benar
  6. Percaya diri
  7. Empati
  8. Bersyukur

TK A

  1. Jujur
  2. Santun
  3. Tanggung jawab
  4. Mandiri
  5. Berani benar
  6. Percaya diri
  7. Empati
  8. Percaya diri
  9. Bersyukur
  10. Empati
  11. Bekerja sama
  12. Kreatif

TK B

  1. Jujur
  2. Santun
  3. Tanggung jawab
  4. Mandiri
  5. Berani benar
  6. Percaya diri
  7. Empati
  8. Percaya diri
  9. Bersyukur
  10. Empati
  11. Bekerja sama
  12. Kreatif
  13. Amanah
  14. Visioner

Diatas merupakan nilai-nilai enterepreneurship yang ditanamkan pada anak-anak setiap harinya melalui proses Belajar Mengajar, detail dari setiap nilai dapat mamah/papah lihat di buku Raport ananda yang kami berikan disetiap akhir semester.

Nilai-nilai tersebut dapat terbentuk jika menjadi kebiasaan yang sejalan antara disekolah dan dirumah. Jika hanya disekolah saja maka pembentukan nilai tersebut kurang optimal.

Kegiatan entrepreneurship bukan hanya dapat diimplementasikan dengan kegiatan jual beli saja namun dapat diimplementasikan dengan seluruh program sekolah. Misalnya nilai “Percaya Diri”. Anak-anak dilatih untuk berani menjadi pemimpin Sholat, pemimpin saat berdoa, dan pemimpin saat bermain sentra. Nilai “Visioner” anak-anak selalu ditanya cita-cita mereka ketika dewasa, ada yang ingin menjadi “Pengusaha Pesawat Terbaang, Pengusaha Toko Roti dan Lainnya” hal ini dilakukan untuk menjadikan anak-anak belajar visioner memiliki tujuan dimasa yang akan datang.

Dengan demikian kegiatan entrepreneurship untuk anak usia dini  memiliki pemahaman yang luas dan menyeluruh tidak parsial hanya pada kegiatan jual beli saja. Kegiatan jual beli sabagai salah-satu praktek didunia nyata, biasa disekolah diterapkan dalam program Market Day pada waktu-waktu yang telah ditentukan. Pembiasaan keseharian mengenai nilai-nilai Entrepreneurship tidak kalah pentingnya diterapkan disekolah dan dirumah. Terimakasih semoga dapat memberikan wawasan baru mengenai entrepreneurship untuk anak usia dini.

 

Facebook
Google+
Twitter

Penerimaan Siswa Baru

TK Khalifah membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020