Sekilas Tentang Khalifah

Mengapa Entrepreneurship?

Semangat wirausaha telah tumbuh di mana-mana. Namun idealnya semangat ini ditanamkan sedini mungkin, bukan ketika SMA atau kuliah. Bukankah Nabi mulai menggembala dan menghasilkan uang di usia 6 tahun? Bukankah Nabi mulai berdagang di usia 12 tahun? Katakanlah kita belum bisa seperti itu. Tapi setidaknya kita sudah menanamkan cita-cita menjadi pengusaha itu pada anak-anak kita sedini mungkin. Inilah salah satu tugas TK Khalifah. Membuat anak-anak bercita-cita menjadi pengusaha.

Mengapa Khalifah?

Selama ini belum ada TK yang serius mendukung semangat wirausaha ini. Lantas, mengapa namanya Khalifah? Nah, kata khalifah sendiri sering dimaknai dengan pemimpin. Bukankah pengusaha itu pemimpin? Pun pada hakikatnya, manusia adalah khalifah di muka bumi.

Kapan Berdirinya?

Berdiri di Batam pada tahun 2007 di bawah naungan Yayasan Khalifah Generasi Emas. Kemudian dengan konsep kemitraan berkembang menjadi 4 cabang di Batam dan 40-an cabang di seluruh Indonesia. Adapun nama Khalifah telah dipatenkan.

Siapa Pendirinya?

Ippho Santosa, seorang pelopor otak kanan, penerima MURI Award, dan penulis buku-buku mega-bestseller.

Apa Konsepnya?

Dua kata kuncinya adalah tauhid dan entrepreneurship. Di sini, setiap hari anak-anak praktik sholat dhuha, yang identik dengan sholat rezeki. Setiap Kamis, praktik puasa dan sedekah. Anak-anak juga diajarkan untuk mencintai Nabi dan para sahabat dengan cerita, lagu, dan tepuk khas TK Khalifah. Diharapkan hadirlah generasi yang soleh dan tangguh. Makanya slogannya, tauhid dan entrepreneurship. Contoh saja, salah satu lirik lagu di TK Khalifah, “Hidupku hanya untuk Allah. Teladanku Rasulullah. Baktiku untuk ibu dan ayah. Akulah anak Khalifah.”

Mengapa Konsep Ini?

Karena itulah yang paling penting saat ini: soleh dan tangguh. Nah, salah satu cara konkritnya adalah Program 100 Hari. Di mana dalam 100 hari, anak dapat menghafal berbagai surat, menghafal Asmaul Husna, praktik sholat dhuha, praktik sedekah, praktik puasa, mencintai Nabi, dan lain-lain. Outing pun kami arahkan ke bank dan tempat-tempat usaha, selain masjid terdekat. Berbeda dengan TK kebanyakan yang outing-nya ke kantor pos dan pemadam kebakaran.

Adakah Keunggulan Lainnya?

Ramah anak, tentunya. Kalau guru ketahuan mengancam anak, maka guru tersebut langsung ditindak tegas. Keramahan adalah keharusan di sini. Selain itu, 1 kelas hanya ada 18 anak. Jadi, betul-betul ramah, betul-betul menyenangkan, dan betul-betul diperhatikan. Apalagi bangunan TK yang berbentuk rumah, sehingga anak merasa TK ini adalah rumah keduanya. Bukan sekolah atau yang lain. Adapun tenaga pengajarnya berasal dari kota tersebut, yang kemudian dilatih di Batam juga dibekali sistem pengajaran, skenario pengajaran, dan lain-lain. Ini semua memudahkan pemilik dan pengelola untuk controlling.

Bagaimana Potensi Pasarnya?

Sangat besar. Karena bidang pendidikan itu kebal krisis, demand cenderung stabil. Menariknya, ini juga menjadi amal jariyah bagi pemiliknya. Karena di sinilah anak pertama kali diajarkan wudhu dan Al-Fatihah. Setiap kali anak berwudhu dan membaca Al-Fatihah, maka ini akan menjadi amal jariyah bagi pemiliknya. Sampai kapanpun. Jadi, berbisnis sambil beramal. Lantas, bagaimana dengan persaingan? Tentu ada. Namun tidak seberapa, karena memang pasarnya besar sekali. Hampir tanpa batas.

Bagaimana Kinerja Bisnisnya?

Sekitar 90 persen cabang langsung balik modal investasi (BEP) dan untung ketika pertama kali buka. Karena memperoleh uang di depan (uang pangkal). Terus, bagaimana pula dengan pola kerjasama? Ini pun sangat mudah dan sangat ringan. Karena tanpa royalti bulanan dan tanpa biaya perpanjangan. Satu-satunya di Indonesia. Jadi, mitra hanya membayar royalti dari uang pangkal. Juga membayar management fee sekali saja sebesar Rp 39 juta. Itu pun bisa dicicil dan tanpa perpanjangan. Pola kerjasama ini disukai mitra. Terbukti hampir semua mitra puas dan menambah cabang.

Berapa Investasinya?

Sekitar Rp 140 juta. Menariknya, mitra dapat mengontrol sendiri pengeluaran uang tersebut. Terutama yang Rp 95 juta. Sekadar catatan, ini tidak termasuk renovasi dan sewa bangunan.

Facebook
Google+
Twitter

Penerimaan Siswa Baru

TK Khalifah membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020