Taman Kanak Kanak Unggulan

Untuk menjadikan taman kanak kanak unggulan perlu ada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan secara terus memerus. Selain ketiga proses yang berkelanjutan perlu adanya beberapa tips untuk menjadikan taman kanak kanak unggulan menjadi kenyatan.

Pembelajaran berbasis Inkuiri

Dalam hal ini sekolah harus bisa mendorong siswa untuk menjadipeserta aktif didalam proses pembelajarannya. Ketika siswa aktif dengan pertanyaan yang didorong oleh keingin tahuannya, guru harus bisa membantu untukmenemukan jawaban melalui sederet aktifitas yang banyak, dan lebih kepada eksplorasi

program menulis yang komprehensif.
Program ini sangat pentig untuk melatih motorik kasar dan halus, walaupun untuk usia TK tidak dengan jalan dipaksakan. Namun dengan cara yang benar , menuntun dan menjadikan anak anak seneng terhadap hal itu juga sangat dibutuhkan. Kegiatan merangkai maink manik, bermain tanah liat, meremas busa dalam ember air, plastisin, menenun, ini semua digunakan untuk melatih ketrampilan motorik halus yang juga mengkoordinasikan antara tangan dan mata. Ini perlu diberikan.
Kurikulum Terintegrasi
Guru harus bisa mendorong siswa untuk berpikir secara mandiri, membuat keputusan dan pilihan, memecahkan masalah, mengekspresikan diri secara kreatif dan bekerja sama dengan teman temannya. Topik intregrasi pembelajaran yang biasa di ajarkan di TK bertumpu pada tauhid, siapa pencipta, siapakah aku, ada apa di lingkunganku dan lain lain. Akan lebih menarik jika dengan mendengarkan cerita yang berkaitan dengan ceritaku, 5 Indera perasa.
Program Membaca
Guru kelas harus bisa membimbing kepada siswa bahwa membaca adalah sebuah pengalaman yang menyenangkan dan menarik, dijamin siswa akan percaya diri saat membaca. Adakan program membaca ‘reading programme’ dan buku-buku perpustakaan yang dikirim pulang secara teratur oleh siswa.
Program melatih anak percaya diri
Sekolah juga harus bisa mengembangkan kemampuan anak anaknya untuk mengungkapkan pikiran dan pendapat dengan jelas dan lancar. Berani berbicara dengan penuh percaya diri di depan teman-teman, dan mau berpartisipasi dalam kelompok kecil dan diskusi kelompok besar. Kemandirian anak ini juga dapat bertanya dan menjawab pertanyaan yang relevan.
Memasukkan aspek Teknologi informasi
Anak anak harus dikenalkan komputer sebagai sarana komunikasi dan teknologi informasi, bukan sekedar alat untuk bermain. Sehingga guru memasukkan aspek penggunaan computer dalam rencana pembelajarannya. Komputer yang ada di lengkapi dengan CD Rom / CD pembelajaran, dan juga dikenalkan dunia maya / internet agar anak anak mengetahui dan dapat mencari pengetahuan yang dibutuhkannya dengan benar sejak dini.
Mengajarkan Bahasa Inggris
Mengembangkan kepercayaan anak anak dalam menggunakan keterampilan berbahasa Inggris melalui pemodelan, sosialisasi dan interaksi dengan orang lain.Guru selayaknya juga mempraktekkan anta guru dengan berbahasa Inggris melalui intruksi dan perintah sederhana yang membuat anak anak melihat, dan akhirnya paham, selanjutnya anak anak yang mendengarnya mau juga mencoba dengan percaya diri.Dengan cara lain, sesekali membuat konser sederhana dan presentasi, atau assembly anak-anak. Semua siswa didorong untuk menunjukkan keterampilan musik, penggunaan bahasa asing dan kepercayaan diri sendiri
Kegiatannya yang bersifat hands on
Kegiatan Hands-on adalah kegiatan yang membiarkan siswa untuk mengembangkan makna pribadi dari penemuan mereka. Metode belajar ini cocok untuk memuaskan sifat rasa ingin tahu anak.
Aktivitas pembelajaran Berbasis sentra-sentra
Pembelajaran berbasis Sentra adalah cara paling efektif untuk memfasilitasi pembelajaran inkuiri pada siswa. Anak-anak mengembangkan kemandirian dan tanggung jawab ketika mereka bekerja sama dengan satu sama lain. Guru bekerja dengan anak-anak secara individu atau dalam kelompok kecil untuk memenuhi kebutuhan individu semua siswa.
Demikian uraian diatas merupakan tips untuk menjadikan taman kanak kanak unggulan dimasa kinimaupundimasa datang. Namun perlu diingat bahwa perkembangan jaman menuntut untuk berkembangnya Metode pembelajran yangdiajarkanke anak didik. Semoga bermanfaat.

Facebook
Google+
Twitter

Penerimaan Siswa Baru

TK Khalifah membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020