Tips Memilih Sekolah Anak

Bulan antara januari sampai bulan juni, pasti banyak orang tua yang sudah mulai mencari cari sekolah untuk buah hatinya. Anak usia TK termasuk dalam kelompok anak usia dini (2-6 tahun). Anak anak dengan usia tersebut, mempunyai karakteristik yang mulai nampak seperti :
1. Adanya usaha anak untuk mengendalikan lingkungan dan mulai menyesuaikan diri secara sosial,
2. Anak mulai melihatkan ketertarikan atau keingintahuan tentang lingkungan sekitarnya,
3. Anak cenderung untuk mengikuti cara berbicara atau tingkah laku orang di sekitarya,
4. Anak mulai menampakkan kreativitasnya.
Inilah tugas pendidik dalam perkembangan seorang anak usia dini. Kalau dilihat dari karakteristik diatas, kiranya orang tua patut berhati hati untuk mencari sekolah yang sesuai dan menunjang karakteristik perkembangan anak usia dini tersebut. Kegiatan mencari informasi dari berbagai sumber (berbicara dengan ibu-ibu lain, tanya saudara, tetangga, dan yang paling validadalah dengan datang sendiri ke sekolah incaran untuk mencari informasi cara pembelajaran, kurikulum, fasilitas belajar mengajar dan bermain, sampai bentuk bangunan, serta biaya (sepeertinya kalau biaya mengikuti dengan kualitas yang ada).

Informasi yang penting diketahui adalah :
1. Kurikulum sekolah, materi dan cara penyampaian materi. Jangan ragu untuk meminta penjelasan mengenai kurikulum, materi, dan teknik yang tidak anda mengerti. Sekolah yang baik dengan senang hati akan menyertakan maksud dan tujuan masing-masing modul.
2.Frekuensi kelas atau jam belajar, yang disediakan harus sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan murid-murid, sesuai kelompok usianya. Untuk usia 4-6 tahun atau TK, frekuensi yang sesuai adalah tiga hingga 5 kali seminggu, disesuaikan dengan muatan lokal kurikulum.
3.Perhatikan lokasi, fisik bangunan dan fasilitas yang ada. Selain itu perhatikan factor keamanan, dekat tidak dengan jalan raya, pagar, satpam, dekat rumah sakit, pasar, dll. Kondisi fisik sekolah penting diperhatikan karena menyangkut keamanan dan kenyamanan dalam proses belajar mengajar.
Diantara fasilitas yang perlu diperhatikan adalah :
Rinciannya :
1. Faktor kebersihan. Terutama ruang kelas, kantin, kamar mandi dan tempat sampah.
2. Lahan yang cukup besar dan bebas dari bahaya (tidak banyak kaca, tidak ada benda-benda tajam –misalnya kayu berpaku bekas bangunan-, tidak ada binatang liar / buas, mainan yang aman dan tidak ada benda tajam atau cat yang berbahaya – ayunan dari plastik yang kuat, mobil-mobilan yang tidak mudah rusak, sepeda yang bekerja dengan baik ) untuk melatih kemampuan motoriknya.
3. Kamar mandi khusus anak-anak Peralatan kamar mandi dalam ukuran kecil dan tinggi yang sesuai dengan tinggi rata-rata anak,
4. Adanya aliran udara yang baik dan sinar matahari yang cukup terutama di ruang kelas dan ruang bermain. Karena di kedua tempat inilah anak paling banyak menghabiskan waktunya selama di sekolah.
5. Ruang kelas memiliki tata ruang yang lega dan menyenangkan. Standar ukuran ruang adalah jumlah anak dikali satu meter persegi. Dengan asumsi setiap anak membutuhkan satu meter persegi untuk leluasa bergerak.
6. Kantin bersih dan sehat, bebas dari jajanan yang mengandung MSG atau makanan tidak sehat lainnya.
7. Biaya. Orang tua sering terkecoh dengan anggapan bahwa semakin mahal sekolah semakin canggih. Padahal kecanggihan suatu sekolah bukanlah dilihat dari biaya untuk dapat bersekolah di situ, tapi oleh materi dan metode pembelajaran yang tepat bagi murid-muridnya. Walaupun, biaya yang tinggi seharusnya diwujudkan dalam kondisi fisik sekolah yang ideal, fasilitas yang memuaskan, dan guru-guru yang amanah.

Facebook
Google+
Twitter

Penerimaan Siswa Baru

TK Khalifah membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020