Tips Memilihkan Sekolah Untuk Anak 2014

anak pengusaha
mental pengusaha anak

Tahun baru 2014 baru saja beranjak, Anak kita semakin besar dan membutuhkan sekolah. Refleksi kehidupan di tahun lalu cukup kiranya untuk kita ambil pelajaran untuk keluarga kita. Kehidupan keluarga maupun tumbuh kembang anak perlu sekali untuk diperhatikan. Ya, tidak hanya diperhatikan, namun harus mendapatkan porsi perhatian yang besar, apalagi ketika kita akan memilihkan sekolah untuk anak tercinta kita.
Banyak sekolahan menawarkan berbagai program unggulan, dari kurikulum, system, manajeman maupun dari sarana dan prasarananya. Beberapa program yang ditawarkan sekolah apa sudah cocok dengan orang tua maupun kebutuhan anak. Bukan baiknya program namun perlu cermati adalah kebutuhan anak kita mendatang.
Era globalisasi ini sangat terbuka Informasi untuk menatap dunia semakin mudah. Jiwa kemandirian anak sangat dibutuhkan dimasa mendatang. Jiwa pantang menyerah untuk berusaha, kemampuan life skill yang hebat dan mental pemenang sangat dibutuhkan untuk masa yang akan datang. Tidak salah kalau orang tua memilihkan sekolah hanya bercita cita yang penting dapat kerjaan di masa yang akan datang, namun apa cukup dengan itu. Setidaknya cita cita tertinggi harus diberikan kepada anak dan didik untuk berani bercita cita tinggi. Hal demikian dapat terwujud jika sekolah dan lingkungan kita mendukung. Perlu kiranya para orang tua mencermati dan memilih tempat yang cocok buat anaknya.
Ada beberapa tips untuk memilihkan sekolah untuk anak.

1. Sekolah yang memiliki Visi pendidikan yang sama dengan Visi orangtua. Visi misi sekolah harus selaras dengan Visi Misi orang tua. Kembali lagi sekolah tersebut bertujuan menciptakan anak-anak lulus dengan nilai rapor atau ijasah yang bagus, atau membentuk anak-anak menjadi orang yang mandiri, memiliki kemampuan belajar dan penyelesaian masalah di kehidupan dengan tepat, sehingga menjadi mandiri. Visi orang tua untuk membentuk anak menjadi pegawai atau menjadi pengusaha, tentunya orang tua sejak dini sudah memperhitungkannya.
2. Kebutuhan psikologis dan perkembangan anak. Coba orang tua perlu kiranya memilihkan tempat sekolah yang memberikan kesempatan bagi anak terpenuhi kebutuhan psikologisnya, berani menampilkan kebiasaan baiknya, berani mandiri dan mempunyai semangat juang tinggii atau apakah sekolah memberi kesempatan kepada anak untuk mengikuti kompetisi meskipun ia tidak berprestasi. Kebutuhan perkembangan anak sangat dibutuhkan demi tumbuhkembangnya pengetahuan dan kemandirian dalam menghadapi hidup dimasa datang.
3. Kebutuhan unik atau individual anak. Masing masing anak mempunyai tyoe yang unik. Orang tua harus tepat dalam memilihkan sekolah bagi anaknya. Kurikulum dan cara pengajaran perlu diperhatikan. Para orang tua dapat menanyakan ke pihak sekolah mengenai system pembelajaran, kurikulum, metode dan semua hal sebelum memasukkan anak ke sekolah tersebut.
4. Kegiatan penyatuan kesamaan tujuan orang tua. Perlu kiranya ditanyakan apakah sekolah mengadakan kegiatan untuk menyatukan tujuan antara pihak orang tua dengan sekolah atau tidak. Kegiatan parenting sangat bermanfaat untuk menyelaraskan tujuan orang tua dengan sekolah
5. Tersedianya sarana dan prasarana yang dibutuhkan anak.
Sarana dan prasarana harus dilihat sebagai bahan pertimbangan untuk memilihkan sekolah untuk anak. Sarana yang memadai dan berkualitas sangat mendukung dalam proses pembelajaran kepada anak. Untuk anak-anak usia dini sangat perlu diperhatikan dalam segi keamananannya.

Demikian beberapa tips yang semoga bisa bermanfaat, dan berguna untuk orang tua dalam mencetak kehidupan anak di masa datang.

Facebook
Google+
Twitter

Penerimaan Siswa Baru

TK Khalifah membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2019/2020