Sejarah Asal Mula Penetapan Hari Santri

Hari santri
Hari santri

Selamat Hari Santri
22 Oktober 2022

Tahukah anda asal usul Hari Santri?

Yuk kita simak penjelasan singkat dibawah ini…

Keputusan ini didasari oleh tiga pertimbangan:

đŸŒș- Pertama, ulama dan santri pondok pesantren memiliki peran besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta mengisi kemerdekaan.

đŸŒș- Kedua, keputusan tersebut diambil untuk mengenang, meneladani, dan melanjutkan peran ulama dan santri dalam membela dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta berkontribusi dalam pembangunan

đŸŒș- Ketiga, tanggal 22 Oktober tersebut diperingati merujuk pada ditetapkannya resolusi jihad pada tanggal 22 Oktober 1945 oleh para santri dan ulama pondok pesantren dari berbagai penjuru Indonesia yang mewajibkan setiap muslim untuk membela tanah air dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari serangan penjajah.

Peristiwa resolusi jihad, dilatari penyerangan oleh Sekutu yang hendak merebut kemerdekaan dari tangan bangsa Indonesia, di usia Indonesia yang baru menginjak dua bulan merdeka.

Demikian sejarah dan asal usul ditetapkannya Hari Santri Nasional yang diperingati tiap tanggal 22 oktober, yang diketahui ditujukan untuk memperingati fatwa resolusi jihad

 

Facebook
Twitter

INFO PENDAFTARAN

Penerimaan Siswa Baru

TK Khalifah membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2023/2024