TIPS MERAWAT GIGI ALA SISWA KB TK KHALIFAH SEMARANG

KB TK Khalifah Semarang mengadakan kegiatan rutin menggosok gigi di sekolah pada setiap hari Jum’at. Kegiatan ini bertujuan mengajarkan pembiasaan untuk menggosok gigi sendiri dengan baik dan benar saat di rumah

Yuk ikuti tips merawat gigi ala kami:

1. Gunakan Sikat Khusus

Ketika gigi pertama mulai muncul, coba gunakan sikat gigi yang dirancang untuk anak. Berikan sedikit pasta gigi berfluoride saat membersihkan gigi Si Kecil. Setelah semua gigi muncul, ganti sikat gigi dengan kepala kecil dan bulu lembut. Bersihkan gigi dengan gerakan melingkar dan gosok satu bagian ke bagian lain secara bergantian selama 2 menit. Jangan lupa untuk menyikat dengan lembut di belakang gigi dan gusi.

2. Bentuk Kebiasaan

Lakukan dan ajarkan kebiasaan menyikat gigi secara rutin, yakni tepat sebelum anak tidur dan pagi hari. Anak-anak berusia 7 tahun ke atas harus bisa menyikat gigi mereka sendiri. Meski begitu, orangtua tetap perlu mengawasinya untuk memastikan Si Kecil sudah menyikat dengan benar. 

4. Kontrol Makanan Si Kecil

Penyebab utama kerusakan gigi bukanlah jumlah gula atau asam dalam makanan, tetapi seberapa sering seseorang memakan atau meminumnya. Semakin sering anak mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula dan tinggi asam, maka semakin besar pula kemungkinan mereka mengalami karies. Maka dari itu, orangtua perlu mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Ajarkan anak untuk lebih banyak konsumsi keju, sayuran, dan buah ketimbang snack yang tinggi gula.

4. Cek Kesehatan Gigi Secara Rutin

Terakhir, rutin melakukan cek kesehatan gigi termasuk langkah perawatan yang wajib dilakukan. Terlebih, jika Si Kecil mengalami karies gigi atau gigi tetapnya sudah mulai tumbuh yang membuat gigi susunya perlu dicabut.

Sekian info tips dari kami, semoga bermanfaat.

Facebook
Google+
Twitter

Penerimaan Siswa Baru

TK Khalifah membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2021/2022